}

Cara Membersihkan File Sampah di PC Tanpa Software

Assalamualaikum
Peacee Yo(!) ^_^v

Mungkin anda pernah atau mungkin saat ini anda mengalami komputer (pc, laptop, netbook) berjalan lambat . Salah satu penyebab masalah ini adalah banyaknya file sampah yang menumpuk di laptop atau komputer anda. File sampah yang menumpuk juga membuat hardisk komputer anda cepat habis.

Dari mana file sampah di komputer/laptop berasal?

Sebenarnya file-file sampah yang ada di komputer/laptop kita otomatis tersimpan ketika kita mengerjakan sesuatu. Anda menggunakan komputer anda untuk melakukan pekerjaan seperti membuat dokumen, membuat design percuma, mendengarkan musik, menonton video, searching web (internet) dan lain sebagainya. File sampah akan tercipta hari demi hari dalam sistem komputer. Lama kelamaan kalau tidak dibersihkan file sampah ini akan menumpuk dan membuat komputer Anda berjalan lambat.

Lantas, bagaimana cara membersihkan file sampah di lapto/komputer?

Jika anda menggunakan sistem operasi Windows di komputer anda baik Windows 7, Windows 8 atau 8.1, ataupun Windows 10, ada banyak cara untuk membersihkan sampah file dengan mudah dan aman. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membersihkan file-file sampah yang tidak berguna dan membuat sistem berjalan lebih cepat lagi. Melalui sistem operasi Windows, Anda dapat dapat menggunaka tools (aplikasi) yang sudah ada di dalamnya. Anda bisa menggunakan sistem Run (Window+R) ataupun dengan menggunakan Windows Disk Cleanup. Jadi, anda dapat membersihkan file sampah tersebut tanpa bantuan software pihak ketiga.

Berikut ini cara membersihkan file sampah di komputer/laptop tanpa menggunakan software:

Cara 1: Menggunakan Run

Menggunakan Run dari komputer/laptop anda merupakan cara yang sangat mudah membersihkan file sampah. Untuk caranya, follow step di bawah ini:

  •  Dari laptop/komputer anda tekan tombol Windows+R (pakai keyboard) untuk membuka jendela Run. Di jendela Run type %temp% , setelah itu tekan ok atau enter. Akan terbuka jendela File Explorer baru yang berisi file temporary, cukup delete semua file dan folder yang ada. Atau boleh juga tekan Ctrl+A, kemudian delete.



  •  Setelah itu tekan kembali tombol Windows+R. Setelah terbuka type Temp. Selanjutnya pilih continue, delete juga semua file yang ditampilkan.




  •  Terakhir tekan tombol Windows + R dan kemudian type Prefetch, sama seperti langkah di atas delete semua isi file dan folder yang ditampilkan.


Cara 2: Menggunakan Windows Disk Cleanup

Cara lain menghapus file sampah di komputer/laptop tanpa menggunakan software adalah dengan windows disk cleanup. Berikut langkah-langkahnya:

  •  Buka All Programs > Accesories > System Tools.  Akan muncul jendela yang berisi banyak sekali tool yang dapat kita gunakan, pilih Disk Cleanup.


  •  Untuk membersihkan file sampahnya, anda tinggal memilih partisi mana yang ingin anda bersihkan. Misalnya kita ingin membersihkan file sampah di C. Pilih C, klik Ok. Selesai.



Treeenggg...Selamat!! Kini komputer/laptop Anda sudah bersih dari file sampah. Lakukan cara di atas minimal seminggu sekali atau ketika Anda sudah merasa komputer Anda lemot/lambat. Bagi Anda yang masih bingung, silahkan bertanya melalui kolom komentar di bawah posting ini.

Credit tutorial : ndraweb.com



♥ Thank you usha entry diatas ! Like lah kalau suka ♥ !

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
footer